Rabu, 28 November 2012

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dari masa-ke masa

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari masa ke masa

Posted: Juni 26, 2012 in Uncategorized
0
Masa Prasejarah
Sejak masa prasejarah, manusia telah menggunakan dan mengembangkan berbagai bentuk teknologi informasi dan komunikasi. Pada zaman prasejarah, tepatnya pada zaman batu, manusia telah mencoba menggunakan teknologi informasi berupa gambar yang menceritakan pengalaman kegiatan berburu dan gambar binatang hasil buruannya pada dinding-dinding gua. Pada masa ini, manusia juga telah mampu menggunakan isyarat bunyi berupa dengusan dan isyarat tangan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Kemudian, mereka menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti genderang, terompet dari tanduk binatang, api, dan asap untuk menyampaikan pesan jarak jauh.
  • Huruf Pictograf (3000 SM)
Pada masa ini, bangsa Sumeria mulai menggunakan simbol-simbol gambar yang dibentuk menjadi huruf-huruf (pictograf) yang mewakili bunyi-bunyi berbeda. Huruf-huruf ini jika dirangkai akan menjadi sebuah kata, kalimat, dan bahasa.
  • Huruf Hierogliph (2900 SM)
Bangsa Mesir kuno menggunakan huruf  Hierogliph, yaitu simbol yang mewakili ungkapan-ungkapan yang berbeda. Dibandingkan dengan pictograf yang digunakan bangsa Sumeria, simbol hierogliph ternyata lebih modern.
Masa Sejarah
Penemuan kertas (105 Masehi) oleh bangsa Cina menjadi tanda perkembangan bahasa tulis dan cikal bakal kertas saat ini. Pada saat itu, kertas terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Dengan ditemukannya kertas, muncul teknologi pencetakan dengan menggunakan balok kayu yang dilumuri tinta dan dicapkan pada kertas. Hal ini mirip dengan stempel/cap yang kamu kenal saat ini.
Masa Modern
Beberapa peristiwa penting yang berhubungan dengan perkembangan TIK pada masa modern adalah sebagai berikut.
  • Mesin Cetak (Tahun 1455)
Pada tahun 1455, Johann Guttenberg menciptakan mesin cetak pertama menggunakan pelat bumi yang terbuat dari besi. Pelat tersebut dapat diganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
  • Anatyticat Machine (Tahun 1830 )
Charles Babbage menciptakan mesin analitik yang mampu memasukkan data, mengolahnya, dan mengeluarkan bentuk output berupa kartu. Dengan menggunakan mesin ini juga Augusta Lady Byron untuk pertama kalinya menulis scbuah program komputer yang pertama di dunia. Meskipun masih bersifat mekanis, mesin ini mengilhami terciptanya mesin digital satu abad sesudahnya, yaitu komputer digital pertama yang disebut ENIAC I.
  • Telegraf dan Kode Morse (Tahun 1837)
Pada tahun 1837, diciptakan mesin telegraf dan kode morse oleh Samuel Morse bersama dua kawannya, yaitu Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka berhasil mengirimkan berita melalui kabel dengan kode Morse (denyut listrik) di antara dua tempat yang letaknya berjauhan.
  • Film Pertama (Tahun 18610
Film merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan atau menyampaikan pesan kepada orang banyak. Awal mula film diciptakan pada tahun 1861.
  • Pesawat Telepon dan Fotografi (1977)
Berdasar pada teknologi telegraf, pada tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum untuk kali pertama. Pada masa ini, ditemukan pula fotografi dengan kecepatan tinggi oleh Edward Maybridge.
  • Pieta Penyimpan Magnetis ( 1899 )
Pada tahun 1899, untuk kali pertama diciptakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang terbuat dari pita plastik kuat yang disebut Mylar. Salah satu sisi pita tersebut dilapisi bahan magnet sejenis iron oxide (oksida besi).
  • TV Tabung (Tahun 1923)
Pada tahun 1923, Zvorkyn menciptakan TV tabung pertama. Pada saat itu, belum muncul teknologi transistor sehingga komponen elektronik yang digunakan masih berupa tabung vakum.
  • Media Penyimpan Magnetic Tape (Tahun 1940)
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi terjadi pada masa Perang Dunia II. Pengembangan tersebut bertujuan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
  • Hypertext (Tahun 1945)
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Dengan pengkodean hypertext, dapat diciptakan halaman-halaman web yang di gunakan dalam internet.
  • Komputer Digital Pertama (Tahun 1946)
Pada tahun 1946, kurang lebih satu abad setelah terciptakanya analytical machine oleh Charles Babbage, diciptakan komputer digital pertama di dunia yang diberi nama ENIAC I.
  • Transistor (Tahun 1948)
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor untuk mengganti tabung vakum yang sebelumnya digunakan. Selain bentuknya kecil, transistor hanya membutuhkan sumber daya listrik yang kecil dan tidak menimbulkan panas yang berarti.
  • Transistor Planar (Tahun 1957)
Pada tahun 1957, dikembangkan komponen elektronik transistor planar oleh Jean Hoerni. Dengan teknologi ini, jutaan transistor dapat dimasukkan ke dalam satu keping kecil kristal silikon. Pada tahun ini juga, Uni Soviet (USSR) meluncurkan satalit bumi buatan pertama, yaitu Sputnik yang bertugas sebagai mata-mata. Untuk mengimbanginya, Amerika Serikat membentuk Advanced Research Projects Agency (ARPA) yang berada di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
  • Jaringan Komputer Desentratisasi (Tahun 1962)
Rand Paul Barand dari perusahaan RAND ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
  • Jaringan Komputer Pertama di AS (Tahun 1969)
Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan empat titik tempat, yaitu University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50 Kbps.
  • Program E-mail (Tahun 1972)
Ray Tomlinson menciptakan program e-mail (pengiriman pesan teks/surat secara elektronik lewat internet) yang pertama.
  • Internet (1973 – 1990)
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Kemudian, dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCP/IP. Protokol ini dikembangkan oleh grup DARPA. Pada tahun 1981, National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian, pada tahun 1986 IETF mengetnbangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
  • Tahun 1991- Sekarang
Wide Web (WWW). Pada tahun 1993, layanan jasa internet dikembangkan, termasuk penyediaan jasa direktori, penyimpanan data, serta database oleh perusahaan AT&T. Untuk menjadi anggota jaringan internet, disediakan jasa registrasi (pendaftaran) oleh perusahaan Network Solution Inc. dan jasa layanan informasi disediakan oleh General Atomics/CERFnet. Sejak saat itu, internet mengalami kemajuan sangat pesat dan mulai memasuki berbagai segi kehidupan manusia.
 contoh teknologi sekarang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar